Senin, 09 Juli 2012

PLC ( Programable Logic Control)

Macam - macam PLC
OK sebelumnya tulisan ini hanya merupakan pengenalan kulit PLC atau gambaran umum mengenai apa sih itu PLC? Sebenernya jenis makanan dari daerah mana sih? enak gak sih kalau dimakan? Tenang dulu bro, jangan tergesa - gesa wat pengen tahu. Perlu diingat, ini bukan blog - blog tentang resep bikin kue atau biscuit kaya' dilapak-lapak tetangga sebelah. hehe.. Ingin tahu lebih lanjut tentang si PLC, yuk ikuti terus tulisan d blog ini...


Pengertian  PLC ( Programable Logic Control )
"PLC : Suatu mikroprosesor yang digunakan untuk otomasiproses industri seperti pengawasan dan pengontrolan mesin di jalur perakitan suatu pabrik. PLC memiliki perangkat masukan dan keluaran yang digunakan untuk berhubungan dengan perangkat luar seperti sensorrelaicontactor dll. " ( -Wikipedia-)

"PLC : Sebuah komputer yang khusus dirancang untuk mengontrol suatu proses atau mesin. Proses yang dikontrol ini dapat  berupa regulasi variabel secara kontinu seperti pada sistem - sistem servo , atau hanya melibatkan kontrol dua keadaan saja (ON/OFF), tetapi dilakukan secara berulang-ulang seperti dijumpai pada mesin pengeboran, sistem konveyor, dan lain sebagainya" (Iwan Setiawan, PLC dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol)

Sejarah Perkembangan PLC
Teknologi PLC pertama kali dirancang oleh perusahaan General Motor (1968) yang pada awalnya  untuk menggantikan control relay pada proses sekuensial yang dirasakan tidak fleksibel dan berbiaya tinggi.  Berdasarkan jumlah input/output yang dimilikinya, secara umum PLC dapat dibagi menjadi 3 kelompok yaitu :
  1. PLC Mikro : jumlah input/output pada PLC kurang dari 32 terminal
  2. PLC Mini   : jumlah input/output pada PLC antara 32 sampai 128 terminal
  3. PLC Large : jumlah input/output pada PLC lebih dari 128 terminal, disebut juga tipe rack 

PLC Omron CPM1A
PLC tersedia dalam berbagai jenis dan merek dalam pasaran, tergantung kebutuhan dari perancangnya. Sebagai gambaran umum saja ada lebih dari sepuluh merek dagang besar yang mempunyai jenis dan tipe masing - masing. Biasanya merek - merek yang tersedia dalam industri antara lain :
  • Allen Bradley
  • Siemens
  • Omron
  • Schneider
  • Mitsubishi
  • Panasonic
  • LG
  • Cimon
  • GE Fanuc
  • NAIS
  • dll.
Itu kan banyak jenis dan merek yang ada, tapi secara keseluruhan untuk prinsip kerjanya hampir sama koq jadi tenang aja walau beda jenis dan merek tetep satu prinsip juga, yaitu Prinsip Kerja PLC. Ini penjelasan singkatnya bro. Secara Umum, PLC terdiri dari dua komponen penyusun utama yaitu :
Blok Diagarm PLC
  • Central Processing Unit ( Processor, Memory, dan Power Suplay)
  • Sistem antarmuka input/output 
Operasi PLC sangatlah sederhana, peralatan yang berada diluar disambungkan dengan modul input/output PLC. Dapat berupa sensor - sensor analog, push button, limit switch, motor starter, selenoid, lampu, dan sebagainya. Selama prosesnya, CPU melakukan tiga operasi utama (proses scanning ) yaitu, (1) membaca data masukan dari perangkat luar via modul input, (2) mengeksekusi program kontrol yang tersimpan di memori PLC, (3) meng-update atau memperbaharui data pada modul input.

OK, sampai disini dulu penjalasan umum tentang apasih PLC itu, dah tahukan? dah gak bingung lagi kan soal PLC? bahasan lebih lanjut lagi mengenai dasar - dasar pemrograman PLC, jadi ikuti terus ya postingan saya hanya di globosystem.blogspot.com

Sumber : Programmable Logic Control (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol, Iwan Setiawan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar