Senin, 05 November 2012

Mengatasi Infus Macet Accasiana pada Canon iP 2770

OK kali ini saya akan berbagi pengalaman dan tips menarik seputar teknologi. Teknologi di sini yang saya maksud adalah penggunaan tinta infus pada printer. Kebetulan beberapa bulan yang lalu saya membeli printer baru yaitu Printer Canon iP2770 menggunakan tinta infus dari Acaciana. Dengan pertimbangan harga terjangkau dan banyak pengguna yang puas dengan printer ini. Namun baru saja saya mengalami peristiwa yang paling ditakuti para infuser ( penggemar printer infus. hehe ) yaitu macetnya tinta printer pada selang infus karena terdapat rongga udara baik itu panjang atau putus - putus di antara selang. Waduh pada awalnya saya shock setengah mati, tapi akhirnya ketemu solusinya juga. Mungkin penyebabnya berbeda - beda bagi para infuser, tapi ini kira - kira menurut saya kenapa printernya koq bisa ngadat :
  1. Belum mengetahui cara kerja, penggunaan, serta perawatan printer infus
  2. Jarang menggunakan printer, printer tidak bekerja hingga berhari - hari
  3. Tidak melakukan perawatan secara berkala
  4. Melakukan penanganan kerusakan secara ngasal :p ( sebelumnya saya juga pernah mengalami peristiwa konyol mengenai poin yang ini)

Canon  iP2770 Infus Accasiana

OK langsung aja ke rincian permasalahan yang saya hadapin. Printer saya sesuai spesifikasi di atas mengalami masalah pada selang infus tinta kuning yaitu terdapat udara pada selang sekitar ± 15cm dari  cartridge. Namun untuk selang lainnya normal tidak ada udara sama sekali. Udah saya cleaning dan deep cleaning berkali - kali tinta kuning tidak bergerak, akhirnya setelah berkali - kali digunakan untuk test warna akhirnya tinta kuning habis alias tidak mengeluarkan warna sama sekali. Padahal saya sudah mencoba untuk membuka atau metutup lubang udara pada tanki tinta saat cleaning. Keluar deh jurus andalan, langsung aja buka mbah google dan pasebook untuk nyari informasi, dan inilah hasil polling cara penanganan dari temen - temen saya untuk kasus yang saya hadapi :
  1. Dibawa ke tukang servis atau dimana printer dulunya dibeli
  2. Menggunakan fasilitas printer itu sendiri dengan menggunakan cleaning atau deep cleaning
  3. Melakukan bedah hardware pada printer ( akan dibahas lebih detail dibawah ini..)
Weits tapi tunggu dulu, kalau gak parah - parah amat bisa kita tangani sendiri kok. Boleh nyoba sendiri, biar dapet pengalaman memperbaiki . hehe.. Tapi perhatiin juga ya tingkat permasalahan ama kasus yang dihadapi. Untuk mempermudah penangan pada masalah infus printer sudah saya kelompokan menjadi tiga tingkat kesulitan yaitu easy, medium, dan hard ( kaya' di game2 aja.. ) Tapi sebelum kesana yuk kita siapin alat - alat ma bahan apa yang dipersiapin untuk semuanya. Ini dia alat yang perlu disiapin..
  1. Kertas Tisu Kering
  2. Kertas HVS kosong
  3. Klip Penjepit kertas
  4. Suntikan Tinta + Jarumnya
  5. Lem UHU atau malam
  6. Cadangan Tinta dan Botol Tinta
Yup itu dia alat - alat yang dibutuhkan untuk penangan masalah pada sistem infus. Dah siap?? Ini dia kategori permasalan menurut tingkat kesulitannya :

Kategori Easy
  • Indikasi dan kondisi infus: Hasil Print tidak jelas atau putus - putus, warna tertentu pudar, hasil terlihat miring atau tidak menyambung, kondisi tinta infus selang normal tidak ada udara atau terdapat rongga udara pada selang sepanjang 1 - 4 cm dari cartridges
  • Cara penanganan : lakukan print test terlebih dahulu, lihat hasilnya jika sudah baik tidak usah lakukan service, kalau hasil kurang sempurna lakukan cleaning ringan, kemudian test print lagi, jika hasil masih kurang bagus lakukan deep cleaning, kemudian lakukan testprint lagi.
  • Kondisi selang infus : secara umum tinta akan tersedot ke dalam cartridges jika dilakukan cleaning, pada kondisi normal maka tidak akan ada udara di sepanjang selang, namun jika semulanya ada udara harusnya sudah kembali normal jika dicleaning
Apabila setelah dilakukan langkah - langkah sesuai penanganan di atas tetep tidak bisa dan kondisi tinta infus normal, mungkin saja ada masalah dengan cartridgesnya atau ada kerusakan, saran saya untuk yang ini mending ke tukang service aja atau misalkan masih ada garansi pergi ke toko asal saja  tuker yang baru. hehehe..

Kategori Medium
  • Indikasi dan kondisi infus : Hasil print bisa saja sama seperti kategory easy, bahkan warna tertentu tidak bisa keluar sama sekali, kondisi selang infus terdapat rongga udara lebih dari 5 cm dari cartridges atau terdapat rongga udara kecil - kecil pada selang infus
  • Cara penanganan : jangan lupa sebelumnya lakukan dulu langkah - langkah penanganan seperti Kategori Easy, jika masih tidak bisa langkah selanjutnya siapkan suntikan tinta (tanpa jarum) kemudian buka tabung tutup tabung tinta yang kecil pada warna yang bermasalah. Masukan ujung suntikan ke dalam lubang tabung sehingga kondisi vacum. Untuk pengamanan jepit dulu selang dengan penjepit kertas. Kemudian buka cartridges dan cabut selang infus yang bermasalah kemudian letakkan tisu di ujung selang, penjepit kertas dibuka, kemudian pelan - pelan suntikan ditekan sehingga rongga pada selang infus hilang. Setelah itu masukan  lagi selang infus ke dalam cartridges.
  • Kondisi selang infus : infus yang tadinya berongga akan terdorong keluar dengan penekanan dari suntikan, sehingga selang akan normal kembali. Perlu diingat ketika memasukkan kembali dalam cartridges pastikan selang sudah normal tidak ada rongga.
Posisi Suntikan Infus
cartridges ip 2770
Jika hasil tidak ada perubahan atau sama saja dan gak mau repot, solusinya bawa saja ke tukang service seperti saran saya di awal, tapi kalau masih semangat bongkar - bongkar yuk masuk ke tingkat penanganan Kondisi Hard :p ( Ganbate, berjuang...)

Kategori Hard
  • Indikasi dan kondisi infus : Hasil print bisa saja sama seperti Kategori Medium atau lebih parah, bahkan untuk beberapa warna sekaligus tidak bisa keluar sama sekali.
  • Cara penangann : jika sudah dilakukan seperti penanganan Kategori Medium coba ditambah dengan ini, ketika selang infus pada cartridges dicabut masukan dulu sedikit tinta ke dalam lubang cartridges dengan suntikan tinta (dengan jarum suntik). Setelah itu masukkan kembali selang infus yang sudah normal ke cartridges kemudian disekitar lubang silakan diberi malam atau lem UHU agar kondisinya vacum.
  • Kondisi selang infus : kondisi selang hampir sama seperti Kategori Medium, namun disela - sela cartridges mungkin ada rongga udara sehingga perlu dikembalikan ke kondosi vacum. Dengan menggunakan malam atau lem akan menghabat udara yang masuk ke dalam cartridge.
Ok itu dia penanganan menurut saya ( berdasarkan pengalaman pribadi) tapi jika masalah belum selesai silakan liat di blog tetangga atau kalau pengen cepet silakan bawa ke tukang service terdekat. hehe.. Terimakasih selamat mencoba...

41 komentar:

  1. trims infonya.. sekarang printer ane dah jalan normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama2 gan, bisa di share ke temen2 yang punya permasalahan sama :)

      Hapus
    2. sip gan,barusan ane coba ternyata berhasil pada kategory 2,haturnuhun infonya,..

      Hapus
    3. sami2, semoga printernya gk bmasalah lagi :)

      Hapus
  2. makasih informasinya...ntar saya coba dirumah

    BalasHapus
  3. tenkiu gan , tak cobain di rmh

    BalasHapus
  4. kang, itu yang rusak catridenya apa cuma masalah selang ?
    kalau d ganti catridenya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masalah selang, soalnya cartride yg saya pakai relatif baru.. dcoba dulu kalo ada masalah selang infus dngn cara di atas.

      kalau ganti cartride, ke service center aja yang bisa sekalian masang selang infus + bersihin dalem printernya sekalian.

      Hapus
  5. kang,kalau penyakitnya gitu ?
    ganti catride tetep ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah ganti catride..
      cukup dilakukan seperti tutorial aja..

      Hapus
  6. numpang promo gan
    saya jual printer canon infus ip 2770 dan mp 237
    harga dijamin murah

    hub : 085641339094

    http://print-infus.blogspot.com

    BalasHapus
  7. makasih ya mas infonya ... bisa jadi referensi ni ...

    BalasHapus
  8. kang beli suntikan buat infusnya dimana? saya kategori hard

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu dapet dari bekas beli isi ulang tinta (biasanya dari merk data print kemasannya suntikan2 gtu..)

      Hapus
  9. wah lebih baik pakai yang original aja.
    soalnya jarang di pakai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, semua tergantung kebutuhan jg..
      kalau dimana-mana kwalitas ori tetep masih bagus, kalau tinta abis ya sekalian ganti cartridges.

      *untuk perawatan tinta infus memang lebih rumit dan harus digunakan secara rutin atau berkala. Ane setuju pendapat agan kalau printer jarang dipakai pakai ori aja.. :)

      Hapus
  10. wah terimakasih gan..
    saya sangat senang sekali dengan tutorial ini..
    sangat mudah dipahami..
    permasalahan printer saya persis bangat dengan tutorial ini yaitu:
    "...Printer saya sesuai spesifikasi di atas mengalami masalah pada selang infus tinta kuning yaitu terdapat udara pada selang sekitar ± 15cm dari cartridge. Namun untuk selang lainnya normal tidak ada udara sama sekali. .."
    semoga dapat pahala ..aamiin..
    ijin share ya..
    hihi..

    follow ya blog saya:
    riiozone.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga printernya tetep sehat.. :D
      silakan kalau mau d share juga ke rekan2 laen, semoga bermanfaat..

      Hapus
  11. min ada perubahan warna yang mau diprint warna merah outputnya kok warna kuning? kenapa ya kira" ada trobel dimanaya? mkasih

    BalasHapus
  12. min tanya dung, kalau ip 2770 ada trobel , mau ngeprint warna merah kok yang klaur warna kuning, permslhan print trsbut dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masuk di perawatan atau maintenance, kemudian cetak pola pemeriksaan mulut semprot.. kalau tercetak secara normal berarti tidak ada masalah..

      *soalnya kadang untuk mencetak warna merah tidak selalu murni warna merah yg digunakan..

      Hapus
  13. sy punya cartridge warna, baru, langsung diinfus, canon ip 2770, setelah warna ori (dr cartridgenya) habis, tinta merah tidak mau keluar, warna lainnya normal, padahal sebelum tinta dlm cartridge habis (yg ori itu) semua warna lancar keluar tidak ada masalah sama sekali, bagaimana mengatasi warna merah yang tidak mau keluar itu min ?
    utk bahan pertimbangam : spt nya kasus yg saya punya ini tidak termasuk di kategori yg admin bahas, bingung jg mau kemana lagi ini ?
    ada kemungkinan (nyari di google) adaptor udah lemah, tp kan sebelum warna ori dlm cartridge habis normal semua..... tolong min or who ever.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga pernah saya alami, langkahnya :
      1. cek apakah infus ada rongga udaranya..
      2. kalo ada rongga kemungkinan, selama ini tinta infus tidak mengalir ke dalam sehingga yg dgunakan hanya tinta ori.
      3. penanganan seperti kondisi "hard", dengan memasukkan tinta terlebih dahulu ke dalam cartridge dan pastikan kondisi selang tidang ada rongga..

      *disekitar selang infus yang masuk ke cartridges tidak usah diberi malam atau lem..

      Hapus
  14. masalahnya samaa, semoga bisa...
    let's try :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga masalahnya beres...
      like this :)

      Hapus
  15. Matur suwun gan. Mlm2 printer ngadat. Selang infus macet, pdhl bth ngprint bgt jempool dah buat agan satria

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip sama2.. semoga printernya lancar terus gan.

      Hapus
  16. gan numpang tanya, punyaku canon ip 2770 kayak diatas
    tinta merahnya g mau keluar klo buat ngeprint, tp klo d tutul pakek tisu nornal semua
    trims atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo setahu ane itu cartridgesnya udah rusak.. sudah pernah saya ulas di posting sebelumnya, klo utk kasus seperti itu belum taw penawarnya. Maaf gan..
      http://globosystem.blogspot.com/2013/09/cara-mengetahui-cartridges-rusak.html

      Hapus
    2. sip2, ni lg nyari penawarnya :) semoga ketemu..

      Hapus
  17. gan numpang tanya, printer pnya ane tipe cannon MG 2200
    bisa gk bisa keluar tinta warna kuning dan hitamnya itu gimana gan solusinya??

    BalasHapus
  18. gan numpang tanya, kalo printer ane tipe cannon MG 2200
    tinta kuning sama hitam nya tidak mau kluar dan ada rongga 15 cm dari catridge
    mohon solusinya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ane penanganannya masih sama seperti beberapa kategori diatas (medium - hard), jangan lupa pada cartridges diisi tinta terlebih dahulu sebelum selang infus dipasang kembali. Ok, semoga membantu.

      Hapus
  19. gan kalo printer canon MG2570 itu cara penempatan selangnya gimana ya biarr gk ngganjel katrid, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh maap kalau saya belum pernah ngalamin yang tipe MG2570, tpi pernah infus ganjel di ip2770 caranya dengan memberikan jarak longgar antara infus pd cartridges dengan selang infus yang diisolasi pada badan printer.

      pastikan selang infus bergerak lancar, cara melihatnya cobalah menggunakan printer dengan membuka chasing dan liat pergerakan selang infus.

      semoga membantu.

      Hapus