• Mejeng Full Tim Undip, Brontosaurus_EWS_kus
  • Numpang nampang DAGO Bandung
  • Photo dulu di depan gedung Pusat Robotika ITS Surabaya
  • Jalan - jalan, ngaplow, kongkow bareng :p

Kamis, 09 Januari 2014

Autentikasi Ulang Akun Google di Playstore


Ok kali ini saya akan share pengalaman pribadi mengenai masalah  penggunaan account google untuk masuk ke dalam playstore. Kondisinya seperti ini (ceritanya prolog ni ), udah lama semenjak punya HH Android jarang masuk ke playstore untuk mendownload aplikasi atau sekedar surfing aplikasi - aplikasi terbaru. Karena lebih sering pake aplikasi (.apk) yang saya download dari laptop atau gadget lain. Alhasil baru bebarapa hari lalu mencoba masuk playstore lewat HH ini tidak bisa dengan alasan perlu autentikasi, padahal sebelumnya udah pernah bisa masuk dan sudah ter-autentikasi sejak awal punya HH. Yah pertamanya lumayan bingung soalnya sudah di check setting account yang di HH masih yang lama. Akhirnya nemu juga dan masalah terselesaikan , ingin tahu gimana solusinya?? ikuti terus posting berikut ini :


Kondisi :

  • HH sudah ter-autentikasi sebelumnya menggunakan account google (gmail).
  • Sudah pernah masuk ke playstore dengan account google.
  • HH terhubung dengan internet baik menggunakan paket data atau hot spot.

Permasalahan :

  • Tidak bisa masuk ke Google Playstore
  • Pada layar tertulis

Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try again.

atau 

Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke akun google. Coba lagi.


  • Jika dilihat di account setting sudah terdaftar dengan account gmail sebelumnya.

Solusi Permasalahan :

  • Bukalah browser (chrome, opera, firefox, dll) menggunakan HH, laptop, atau gadget yang lain.
  • Kemudian menuju alamat  playstore atau https://play.google.com/store .
  • Pastikan anda login ke playstore melalui browser menggunakan account gmail yang sudah ter-autentikasi pada HH anda sebelumnya.
  • Jika berhasil masuk, bisa jadi akan muncul pemberitahuan untuk menerima persetujuan autentikasi. Namun jika tidak ada jangan khawatir coba anda browsing aplikasi melalui browser tersebut.
  • Jika tidak ada pemeberitahuan atau kendala, berarti account google anda sudah ter-autentikasi ulang secara otomatis.
  • Sekarang coba buka ulang playstore menggunakan aplikasi di HH anda. Kalau berhasil masuk berarti proses sudah berhasil dan kembali berjalan normal.


Ok, semua langkah di atas saya coba sendiri dan berhasil. Saya cuma buka playstore kembali dengan menggunakan browser di laptop dan log in menggunakan account lama. Liat - liat sebentar aplikasi karena tidak ada pemberitahuan untuk persetujuan verifikasi atau autentikasi  dan tiba - tiba ketika mencoba masuk lewat aplikasi gadget sudah langsung bisa. Terimakasih untuk berbagai sember yang ada di internet baik yang berbahasa indonesia, inggris, china (walaupun gak tahu maksudnya. Hehe)


56 komentar:

  1. Kalo misalkan saya lupa sandi akun yang sudah ter-autentikasi gimana ya? Saya sudah coba bikin akun baru tp tetep ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah bikin akun gmail baru, pastikan setting akun pada hp sudah diganti atau menggunakan akun yang baru. Caranya liat di setting "accounts & sync" pilih akun yang baru. Kemudian buka playstore.

      Hapus
  2. mas, saya sudah buat yg mas instruksikan login via laptop saya. Tapi tetap tulisannya "Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke Akun Google." knpa gitu ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mungkin bisa d check lg :

      Pastikan account gmail yg dibuka dngn laptop/browser sama dengan yg d HH.

      Ketika membuka playstore dngn laptop/browser pastikan sudah login sempurna dan bisa searching app (jika ada notif dr google silakan diikuti)

      Silakan account yg di HH di non-aktifkan kemudian diaktifkan kembali dengan memilih tanda check/un-chek pada setting "accounts & sync".

      Berdo'a semoga bisa. *solusi terakhir ganti account baru :)

      Hapus
  3. Kalau yang saya tidak bsa download kata.a harus autentikasi akun gogle...gimana itu play store.a mah kebuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. blum penah kena kasus yg seperti ini, coba dengan trik model diatas. kemungkinan bisa :)

      Hapus
  4. saya masih bingung mas, gimna caranya yang lebih Mudah dan gak ribet.

    BalasHapus
  5. gimna, ya mas caranya lebih mudah dan gak ribet begitu saya belum paham sama cara yg di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian mana ya??

      simple coba buka playstore dengan laptop + login dengan account yg ada pada android. udah itu aja dulu..

      Hapus
  6. Thank you.ini sangAt membantu

    BalasHapus
  7. mas saya kan sudah ngikutin tuh cara.tapi tetep aja gk bisa tulisannya harus autensikan terus,itu caranya gimana mas biar bisa ter autensikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. primary accountnya sudah sama kan??
      d check dibagian account setting.

      Hapus
  8. Mas, android sya ini kan bru sya reset ulang, pke cadangkan dan reset. Pas udah slesai smua, giliran mw buat akun yg bru malah gk bsa, pke yg lama juga tetep gk bisa, di situ di bilang, tidak dapat menghubungkan ke server.. kalo mw buat akun yg bru selalu aja akun ini tidak tersedia katanya.. tlong dong solusinya. Thankz

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau buat account baru?? dr gmail/new account? klo buat account yg sama jelas tidak bisa. menggunakan sign in account yg lama saja connect dengan internet dlu..

      Hapus
    2. Ini sama kasusnya sama gw
      Make akun lama ttep aja gk bisa
      Make akun baru apalagi
      Gimana nih butuh penjelasan detail gw
      Tolong dong

      Hapus
    3. @bayu wibowo

      coba login account gmail dengan laptop. kemudian menuju ke playstore.. apakah di playstore sudah bisa login dengan account tersebut..

      jika sudah silakan check account di handphone dan login ulang. pastikan hanphone tersambung internet dan lancar..

      Hapus
  9. yg dimaksud HH itu apa y min he,,ga bisa ter autentikasi ttep min dah saya coba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. HH = Handheld.. :) sebutan gadget yg gk cuma buat phone saja :)

      Hapus
  10. Gk ngerti ni mas. Mohos penjelesanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih pada bingung ya..
      Intinya sih dcoba membuka playstore dengan laptop/pc menggunakan account yang sama pada HH.

      Hapus
  11. Kalo saya play storenya hilang terus gk bisa buat atau sign in gmail itu gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. playstore hilang?? apa pernah di uninstall??

      jika memang sudah hilang aplikasi playstore bisa di download dan dipasangkan pada handphone terlebih dahulu.. dan sign playstore dengan account yg ada atau membuat terlebih dahulu lewat handphone..

      Hapus
  12. saya tetep gak bisa mas,saya coba pake PC tetep aja gk bisa,mohon balasannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple seperti yg saya paparkan di atas. dan beberapa teman juga sudah bisa..

      Hapus
  13. saya sudah coba berkali2 tapi tetap saja gak bisa2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kmrn ada teman mencoba langsung bisa..
      ada tulisan atau peringatan seperti apa??

      Hapus
  14. Gan kalo sy kan baru di reset data pabrik jadi sy login gmail pake yg lama tapi katanya can't estabilish the server tapi kalo buat baru katanya sorry this username isn't available itu kenapa y gan???????.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan hp terkoneksi lewat wifi atau menggunakan paket data pada simcard. Coba menggunakan account lama atau account baru yang sudah ada.. jika berhasil setting account bisa dirubah untuk selanjutnya.

      Hapus
  15. Gan andro ku hilang,,apa kh si maling itu bisa mengganti nama akun sya?..lx tdk kasi aktivkn sistem kunci d android devide menejer..

    BalasHapus
  16. Gan android ku hilang terus di dalamnya tidak ada aplikasi pelacak dan ADM tidak berfungsi jadi bagaimana cara menemukannya?...

    BalasHapus
  17. aku udah menuju alamat https://play.google.com/store . tp tanda seru could not locate remote server yg tampil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di check sudah tersambung ke internet apa belum..

      Hapus
  18. Ternyata tinggal masuk playstore dari browser dulu..hehe.makasih infonya yah masalah saya jd beres dah..

    BalasHapus
  19. kalo pake wifi bisa. kalo di kartu pulsa harus autentikasi.. dicoba di pc gak ada notif apapun. tp di hh tetep autenti -,-

    BalasHapus
  20. Coba dijelaskan inti dan maksud solusi permasalahannya bagian 3. Mohon dibalas secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Pastikan anda login ke playstore melalui browser menggunakan account gmail yang sudah ter-autentikasi pada HH anda sebelumnya.

      account yg pernah terdaftar melalui hp misalnya lalala@gmail.com. Kemudian anda membuka playstore menggunakan search engine firefox atau google chrome, kemudian login lah ke play store menggunakan account yg sama yaitu lalala@gmail.com

      Hapus
  21. Mas saya udah ikutin semua cara tapi pas masuk ke playstore tetap ada tulisan diperlukan autentikasi kayak mana caranya tuh mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba lagi.. mungkin artikel saya sudah tidak relevan lagi..

      Hapus
  22. Saya tidak bisa masuk ke play store

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah berhasil bro.. Awalnya ga bisa instal/update whatsapp lewat playstore krn ada tulisan autentifikasi akun gmail, tp aplikasi lain bisa.. Download lewat browser ke playstore akhrnya bisa :)

    BalasHapus
  24. masih gak bisa mas
    btw.. udh bisa di browser (udh login)
    tpi pas mau masuk ke google play storenya gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau seperti saya kurang taw, mungkin bsa di check lagi di add account di hpnya..

      Hapus
  25. Kalau googleplay saya kendalanya di pembaruan aplikasi tidak mau muncul .padahal sudah login , tertera tulisan authentification required itu bagaimana caranya tanpa menghapus data googleplay?

    BalasHapus
  26. Tolkng tutorialnya donk gan..
    Gw masukin acc di apk playstore ngk bsa.

    Cmna klw lewat browser bsa..ngmna.ya

    BalasHapus
  27. mas aplikasi saya hilang di karena kan ganti akun google baru :( , gimana ya mas supaya aplikasi saya muncul lagi di layar menu hh saya :( , ganti akun play store juga gimana mas? soal ny akun baru semua :( , mohon penjelasan ny mas?
    #balas plisss lagi butuh :(

    BalasHapus
  28. mas gimana cara mengembalikan aplkasi hh saya yg hilang :( soal ny akun google baru :( , saya juga gk tau mengganti akun playstore :( , saya btuh aplikasi saya muncul lagi di menu hh saya :) , mohon penjelasan ny mas :) ?

    BalasHapus
  29. di laptop aku ada aplikasi store nya, gambar nya tas gitu. tiap aku buak dia pasti ngilang gitu seakan gamau dibuka. tapi kalo aku buka google plystore lewat web. bisa . cuman dia nggamau download aplikasi. selalu ada notif kalo laptop aku belom punya tas putih untuk app goole plystorenya. gimana ni kak?

    BalasHapus