Sabtu, 02 Maret 2013

Takoyaki : Bulat Imut Menggigit


Takoyaki
Akhirnya bisa posting tentang kuliner juga. Kuliner yang satu ini berasal dari negara Samurai, tahukan negara Samurai?? Selain terkenal sebagai Negara Samurai, Jepang juga terkenal kulinernya yang uenak tenan.. ^.^ Sebut aja kata "Ramen atau Sushi", pasti dah pada tahu. Weits tapi kali ini , saya gak akan bahas kedua makanan yang udah go internasional itu ( mungkin alien dari luar angkasa dah pada tahu juga kali ya Hehe). Dikesempatan kali ini saya akan membahas makanan dari Jepang yang bernama "Takoyaki". Ada yang belum tahu? Sekilas aja tentang makanan ini, Takoyaki merupakan jajanan tradisional masyarakat Jepang berupa adonan tepung yang dibentuk bulat - bulat menyerupai bola pingpong yang biasanya di dalamnya terdapat isian berupa gurita atau sea food  . Ingin tahu lebih lanjut tentang si imut ini ? ikuti terus blog ini ya...

Perkembangan Takoyaki

Ternyata cikal bakal Takoyaki berasal dari makanan tradisional Jepang lainnya yaitu Choboyaki dan Rajioyaki. Kedua makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang berisi konnyaku, urat sapi, atau bagian daging sapi lainnya. Pada awalnya makanan tradisional ini dijual di kios - kios gerobak layaknya di pasar malam pada acara - acara tertentu. Hal ini berlangsung sudah sejak tahun 1912 - 1926.  Kemudian di tahun 1930-an muncul variasi isian berupa gurita dan telur yang kemudian sejak saat itu resmi disebut dengan Takoyaki. Di tahun 1965-an kios - kios takoyaki mulai tersebar di Jepang, berupa gerobak keliling atau kios - kios kecil di pinggir jalan. Sejak saat itu bisnis makanan ini melejit dan dinikmati oleh turis lokal maupun manca negara. Ditahun 1990-an Takoyaki mengalami revolusi produk, sejak dikenalkannya bisnis makanan beku di Jepang, trend masyarakat mengenai makanan olahan yang dibekukan juga semakin meningkat. Takoyaki juga tak luput ikut - ikutan dibekukan oleh produsen makanan olahan di Jepang. Namun inovasi makanan tak berhenti hanya disitu, di tahun 2000-an Takoyaki dijadikan icon rasa untuk jajanan ringan pada berbagai varian aneka produk ( ada gak ya ice cream rasa Takoyaki. Hehe )

Pedagang dengan Takoyaki miliknya

Kios Takoyaki

Jenis Takoyaki

Secara umum takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu yang dicetak dalam loyang panggangan berbentuk bulat - bulat menyerupai bola pingpong. Di dalamnya dapat diisi beraneka ragam isian sesuai varian dan andalan kios masing - masing daerah. Isian yang paling terkenal dan sebagai resep andalan sejak dulu adalah gurita, walaupun sekarang sudah banyak inovasi seperti keju, coklat, dan lainya. Takoyaki pertama kali disajikan menggunakan tusuk seperti sate, dimana tiap  tusuknya terdapat dua sampai empat buah takoyaki. Dalam penyajian takoyaki biasanya juga disertai saos atau kecap yang dibalurkan ke takoyaki. Namun saat ini sudah terdapat banyak pengemasan seperti menggunakan box makanan sehingga bisa dibawa lebih ringkas dengan berbagai macam toping atau saos yang dipakai dalam penyajian. Berdasarkan cara penyajian takoyaki dapat dibedakan berbagai macam jenis, yaitu :
  • Takoyaki Polos, takoyaki yang disajikan tanpa toping dengan adonan lebih berasa rempahnya. Biasanya disajikan dengan ponzu, takoyaki dicelupkan ke dalam ponzu sebelum dimakan.
  • Takoyaki Toping Saos, takoyaki yang disajikan dalam wadah piring atau sejenisnya kemudian diberikan saos, mayonaise, aonori, katsuoboshi. Ini yang paling populer saat ini.
  • Takoyaki Kecap Asin, takoyaki yang dalam penyajiannya hanya diolesi kecap asin pada permukannya, sehingga takoyaki tampak mengkilat dan menarik.
  • Akashiyaki, takoyaki yang bukan merupakan takoyaki. Bingungkan?? Akashiyaki menyerupai takoyaki, namun tektsturnya lebih lembut karena adonan banyak mengandung telur. Bentuknya kadang kala pipih karena lunak dan isian hanya berupa gurita. Dimana penyajiannya seperti Takoyaki polos namun disertai dengan sup kuah dashi.

Cara Pembuatan Takoyaki

Pembuatan takoyaki cukup mudah, dua atau tiga kali mencoba kita pasti bisa. Kendala yang sering dihadapi biasanya saat penyiapan alat, mencari bahan - bahan dan membalik takoyaki saat memasak. Cara pembuatan takoyaki akan saya bagi dalam tiga persiapan yaitu persiapan alat, penyediaan bahan, dan cara memasak. Oke langsung aja ke peralatan yang harus disediakan :
  • Wajan Takoyaki, bentuk wajan yang sudah terdapat cekungan - cekungan bulat tempat menaruh adonan. Ada yang masih menggunakan api kompor ada pula yang sudah elektrik tinggal colok listrik. hehe
  • Kuas kecil untuk mengoleskan minyak pada wajan
  • Sumpit runcing atau tusuk gigi untuk membolak-balikkan takoyaki saat memasak di wajan
  • Wadah adonan dan sendok
  • Tempat penyajian

Wajan Takoyaki Electric
Wajan Takoyaki + Kuas + Alat Pencukil Tako 

Sedangkan untuk bahan - bahan yang harus disiapkan sebagai berikut ( untuk yang asing dengan bahannya bisa tanya mbah google atau tukang takoyaki langsung ya. hehe ). Bahan - bahan yang harus disiapkan saya bagi menjadi  tiga bagian yaitu adonan, isian, dan taburan. Ini dia bahan - bahan yang harus disiapin :
  • Adonan :
    • Tepung Tako atau Tepung terigu protein rendah 300 gram
    • Telur ayam 3 butir
    • Dashi (5 sdm bubuk dashi  + 750 ml air ) atau 750 ml kaldu ikan
    • Baking powder 1 sdt
    • Garam  halus 3 sdt
    • Minyak sayur
  • Isian ( optional bisa semuanya atau sebagian aja sesuai favorit anda )
    • Potongan kecil - kecil (gurita, cumi, udang, konnyaku, ikan, keju, bakso, sosis)
    • Irisan tipis - tipis ( kol,  daun bawang, wortel)
  • Taburan
    • 200 ml saos tako ( bisa saous bulldog atau teriyaki)
    • 200 gram mayonaise
    • aonori
    • katsuoboshi
    • Potongan daun bawang
Katsuoboshi

Lumayan banyak ya persiapannya? hoho jangan khawatir, kalau bisa buat dengan tangan sendiri dan enak, semua susah payah dalam persiapan bisa terbayarkan kok Hehe. Langsung aja dicara pembuatannya ya, Ok ikuti step - step di bawah ini :
  • Masukkan tepung, baking powder , garam ke dalam wadah aduk sampai rata
  • Kocok telur bersama dashi atau kaldu
  • Campur tepung ke dalam kocokan telur sehingga menjadi satu adonan encer
  • Panaskan wajan kemudian olesi dengan minyak sayur menggunakan kuas
  • Masukkan adonan ke dalam masing - masing cekungan diwajan sampai penuh
  • Taruh isian sesuai yang diinginkan ke dalam cekungan yang berisi adoanan ( jangan khawatir kalau luber)
  • Kemudian putar adonan menggunkan sumpit hingga matang, bisa dibolak - balik hingga matang keemasan (perlu pengalaman untuk membuat takoyaki yang bulat sempurna ^.^)
  • Ambil satu persatu menggunakan tusuk gigi, taruh ke dalam tempat untuk disajikan
  • Sebagai finishing gunakan taburan  untuk mempermanis
  • Jangan lupa taburkan katsuoboshi terakhir, dan liat ketika katsuoboshi terkena angin atau uap panas ia akan bergerak-gerak sendiri. Aneh banget kalau yang baru pertama kali melihat pasti akan kagum :D hehe

Berikut ini video cara pembuatannya, walau bahan agak sedikit berbeda tapi cara pembuatan tetep sama. Heheh check this out :


Ini kalau ada yang mau nyoba menggunakan wajan electric yang bisa membalik takoyaki sendiri. Hehe gak perlu repot - repot latihan bolak - balik tako diwajan manual ^.^. Ini dia penampakannya :

Wajan Takoyaki Otomatis
Ini video tutorialnya, mudah kan?? Heheh ^.^



Info Takoyaki di Semarang

Hoho untuk temen - temen yang mau mencoba Takoyaki tanpa repot - repot harus bikin sendiri bisa kok beli di kios - kios takoyaki. Saat ini sudah mulai bermunculan kios takoyaki waralaba di kota - kota sekitar temen - temen. Misalnya untuk daerah Semarang setahu saya terdapat 4 lokasi, yaitu :
  • Food Court Citra Land Mall Simpang Lima
  • Sekitar pintu masuk sebelah barat Citra Land Mall Simpang Lima
  • Food Court Duta Pertiwi Mall ( DP Mall) Jalan Pemuda
  • Kios berjalan di sepanjang jalan Politeknik Negeri Semarang ( Polines ) Tembalang
OK itu dia yang namanya Takoyaki, makanan asal Jepang yang bulet - bulet dan enak rasanya. Selamat mencoba deh dijamin uenak tenan rasanya ^.^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar