Kamis, 14 Februari 2013

Meriahnya Pasar Imlek Semawis Semarang

Gerbang Pecinan Semarang
OK, akhirnya bisa posting lagi mengenai wisata di daerah Kota Semarang. Kali ini saya akan membahas mengenai wisata budaya, religi, dan kuliner warga Tiong Hoa di Pecinan Semarang. Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu meriahnya Imlek di Kota Semarang, Semarang juga salah satu kota yang banyak penduduk keturunan etnis Chinanya setelah daerah laen di Jawa Tengah seperti Salatiga, Rembang, Temanggung, dan Magelang. Bisa dibayangkan begitu antusiasnya warga keturunan Tiong Hoa ini merayakan hari tahun baru Imlek atau pergantian ke musim semi yang berarti kehidupan baru. Sejak ditetapkan sebagai hari libur nasional, masyarakat Indonesia lebih tahu tentang kebudayaan China yang tumbuh juga di Indonesia dengan akulturasi budayanya yang menawan. Salah satu bentuk kemeriahan Imlek di Kota Semarang adalah terselenggaranya sebuah acara Pasar Imlek yang bener - bener Chinese banget ^.^. Ingin tahu kisahnya lebih lanjut?  Ikuti terus ya posting di bawah ini ...

Pasar Imlek Semawis

Waktu :
Setahun sekali dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Biasanya di awal bulan Februari selama 2 - 3 hari ( 6 - 8 Februari 2013 ). Ramai pada pukul 18.30 - 23.00 WIB ( Biasanya terdapat jadwal pertunjukan tiap harinya)

Tempat :
Sekitar Pecinan Semarang ( Sesuai dengan panitia Imlek, jika pada tahun 2013 di sepanjang jalan Wotgandul Timur)

Daerah Pecinan Semarang

Acara :
Banyak acara seni budaya , kuliner, dan stand - stand dari berbagai macam produk, perusahaan, organisasi, dan stand kebudayaan lainnya. Contoh stand atau arae yang biasa didatangi :
  • Panggung Utama ( Pertunjukan utama berupa sendra tari, opera, musik, beladiri, dll )
  • Panggung Terbuka ( Pertunjukan kecil - kecil yang meriah biasanya atraksi Barongsai, Naga Liong, dan pameran dari perusahaan atau organisasi)
  • Area Kuliner ( Beraneka jajanan khas imlek dan makanan - makanan tradisional )
  • Stand produk - produk perusahaan di sekitar Semarang
  • Wayang Potehi ( Wayang boneka China )
  • Dll

Pasar Semawis


Waktu :
Diadakan di setiap akhir pekan jum'at - minggu. Mulai  ramai dikunjungi pada pukul 19.00 - 23.00 WIB tergantung kondisi cuaca dan keuangan :) 

Tempat :
Jalan Gang Warung sekitar Pecinan Semarang. 

Acara :
Banyak tersedia bermacam - macam kuliner dari yang khas Semarang hingga dari berbagai kota, dari tradisional sampai makanan - makanan yang modern.





Gang Warung Tempat Pasar Semawis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar