Selasa, 12 Maret 2013

Cara Pemesanan Tiket Ekonomi di Stasiun Poncol Semarang

Akhirnya sempet lagi menulis tentang perjalanan menggunakan kereta api. Sebagai "Sepur Mania" saya menyambut gembira kebijakan pemerintah terutama PT. KAI mengenai penerapan sistem baru, baik dalam sistem pemesanan dan kenyamanan saat perjalanan. Salah satunya kini tiket sudah bisa dipesan terlebih dahulu H - 3 bulan sebelum keberangkatan, baik itu kelas Ekonomi, Ekonomi AC, Bisnis, maupun Eksekutif. Di dalam perjalanan juga dimaksimalkan agar penumpang kereta api merasa nyaman tanpa pedagang asongan, kebersihan kereta yang dijaga, dan juga keramahan dari pegawai PT. KAI.  Hal itu berdampak langsung juga dengan kondisi stasiun - stasiun kereta api di daerah. Di daerah Semarang juga terkena dampaknya, baik itu di Stasiun Poncol  ( Pemberangkatan Kelas Ekonomi) dan Stasiun Tawang ( Pemberangkatan Kelas Bisnis dan Eksekutif). Ini adalah pengalaman pertama saya semenjak diberlakukannya peraturan baru, perjalanan menggunakan kereta ekonomi dari Semarang menuju Jakarta. Ingin tahu perjalanan lebih lanjut dan bagaimana caranya? ikuti terus posting ini ya..


Sebelumnya pembelian tiket dapat melalui tiga cara yaitu :

  • Pembelian secara langsung pada loket - loket di stasiun. Bisa membeli langsung H-jam sebelum keberangkatan. Namun disesuaikan juga jika tempat duduk sudah penuh maka tidak bisa memesan alias tiket habis.
  • Pembelian melalui pemesanan biro perjalanan, agen, travel atau mini market. Biasanya mengisi seperti fomulir kemudian mendapatkan bukti pembayaran yang ditukarkan dengan tiket asli sebelum keberangkatan di loket - loket stasiun.
  • Pembelian melalui situs resmi PT.KAI http://www.kereta-api.co.id/. Dimana penumpang dapat memilih tempat duduk dan cara pembayaran sendiri.

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana memesan tiket perjalanan ke Jakarta dari Semarang menggunakan kereta api kelas ekonomi dengan pembelian secara langsung di loket Stasiun poncol Semarang. OK ini dia..

Stasiun Poncol Semarang

Stasiun Poncol Semarang (Tampak Depan)
Alamat          : Jalan Imam Bonjol No. 115 Semarang
Telepon         : +624 3544496, +624 3556985, +624 3585092
Jam Operasi  : 24 Jam
Spesifikasi   : Melayani keberangkatan - kedatangan KA Kelas Ekonomi dan kereta barang atau parcel
KA berhenti  : 
  • Ekonomi : KA Matarmaja, KA Brantas, KA Kertajaya, KA Tawang Jaya,  KA Kaligung Ekonomi
  • Bisnis dan Eksekutif  : KA Kaligung Eksekutif, KRD Pandanwangi, KRD Blora Jaya I dan II 
Biaya Parkir : Rp 3000,- mobil / Rp 2000,- motor. Penitipan inap Rp 15.000,- mobil per malam / Rp 5000,- motor per malam.

OK itu dia sekilas tentang Stasiun Poncol Semarang, langsung saja ke langkah - langkah bagaimana pembelian atau pemesanan tiket di loket stasiun secara langsung. Ikuti langkah - langkah berikut ini ya :
  • Siapkan uang, pena dan tanda pengenal (bisa KTP, SIM, Paspor, atau KTM/Kartu Pelajar). Ingat tanda pengenal harus dibawa dan sesuai dengan tiket saat menaiki kereta. Kalau mau beli rombongan jangan lupa ditanyakan dulu nama lengkap dan nomor identitas masing - masing penumpang.
  • Datang di Loket Stasiun saat malam hari atau siang hari ketika loket antrian sepi. ( Jangan pas rob atau banjir ya. Pengalaman pribadi jangan dicoba. ehehe )
  • Ambil selip formulir pemesanan dekat pintu masuk peron stasiun (dekat pusat informasi), berhubung kita bawa pena sendiri gak perlu ngantri pena. Isi formulir sesuai ketentuan yang ada.
  • Kemudian antri di loket pembelian tiket ( bagian depan stasiun) sesuai dengan loket yang menyediakan jalur kereta api yang akan kita naiki. 
  • Selip diserahkan petugas loket, bisa memilih tempat duduk sendiri ( kalau hoki bisa duduk di samping cewek yang cantik. hehe). Kemudian bayar sesuai tiket yang dibeli dan otomatis anda dapat tiket yang asli.
  • Untuk pemberangkatan jangan lupa ke stasiun lebih awal, membawa tiket disertai kartu identitas asli sesuai yang tertera di tiket.
  • Sekarang kita tidak bisa menunggu kereta langsung di samping jalur stasiun, harus di ruang tunggu. Ketika akan pemberangkatan, pintu masuk baru dibuka. Dengan menunjukkan tiket dan identitas pengenal, kita baru bisa masuk dan tiket kita diberi cap oleh petugas stasiun.
  • Setelah masuk naik aja ke kereta sesui jurusan anda, jika bingung dengan keretanya tanyakan ke petugas disekitar. Pastikan tempat duduk dengan tiket.
Nb : Saya berangkat ke Jakarta, tanggal 7 Maret 2013. Dari Semarang Poncol tujuan akhir Jakarta Pasar Senen. Menggunakan KA  Tawang Jaya, berangkat dari Stasiun Poncol pukul 19.05 WIB tiba di Stasiun Pasar Senen Pukul 02.35 WIB seharga Rp 37.500,- sekali jalan jika mau PP Rp 75.000,- saja. Oh iya pemesanan tiket bisa pulang pergi juga, jadi jangan khawatir repot - repot mencari tiket lagi di rantauan.

6 komentar:

  1. Ada lagi, omo :p
    Pemesanan tiket lewat Indomaret (ini bukan promosi, lho >.< )
    Tapi itu harus H-1 sebelum keberangkatan, harganya lebih mahal sekitar IDR 7000 dibanding harga asli jika memebeli tiket langsung di stasiun.
    Setelah transaksi dengan mbak atau mas kasir, kita akan memperoleh nota yang kemudian ditukarkan dengan tiket kereta sebelum keberangkatan. (^_^)

    (aku nyoba ini kemarin, omo >.< )

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehe.. thanks infonya tante ^.^
      dulu aq juga pernah beliin sodara q, harus dituker sama tiket yang asli dulu sebelum brangkat di stasiun.

      Hapus
    2. Di stasiun Jakarta dan beberapa stasiun telah tersedia alat cetak tiket mandiri (self ticket printer) berada di luar loket, bisa cetak sendiri dengan memasukkan kode booking yang tertera di nota, atau minta tolong petugas untuk mencetakkan, jadi gak usah ngantri di loket.
      Kalo tujuan akhir anda di luar Jakarta ; Bogor, Tangerang, Serpong atau stasiun commuter kecil lainnya, turun saja di Jatinegara. Mulai kira2 jam 04:30 dijual tiket commuter. Selama loket belum dibuka , nongkrong & bengong di dalam stasiun saja jangan keluar, ato sambil makan-minum bekal / beli dari Mart yang ada di dalam stasiun Jatinegara (bagi anda yang nyampe pagi hari sebelum jam 4). Begitu loket commuter buka, anda keluar stasiun Jatinegara sesuai prosedur, masuk lagi ke loket commuter beli tiket sesuai tujuan. Nilai yang anda bayar adalah tarip+jaminan tiket Rp. 5000, misalkan Jatinegara-Kalideres Rp. 3000 + Rp. 5000 , sesampai di Kalideres jangan langsung pulang, tukarkan tiket ke loket dan minta kembali uang jaminan tiket sebesar Rp. 5000. Naik kereta commuter enak & nyaman, tapi anda harus tahu di mana harus transit (gak usah bayar lagi lho...), untuk ke Tangerang transit di Stasiun Duri, untuk ke Serpong transit di Tanah Abang, untuk ke Bogor transit di Manggarai. Dalam commuter kadang ada informasi posisi kereta , tapi kalo anda pas dapat kereta yang bisu saran saya sering lihat keluar perhatikan nama stasiun tujuan anda, jangan sampe kelewat dan harus cepat2 turun karena pintu otamatis terbuka sebentar saja. Selamat mencoba

      Hapus
  2. Ah iya, lewat minimarket :p
    Aku baru pesan tiket lewat salah satu minimarket ternama kemarin, omo :3

    BalasHapus
  3. Mas, kereta ekonomi sekarang itu AC semua ya? Tapi harga tiketnya sama seperti non-AC jama dulu, atau lebih mahal mas? Balasannya cepat ya mas.. hehe terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy sekarang adanya Ekonomi AC, harga tiket naik per-1 januari 2014 karena dikuranginya subsidi dr pemerintah..
      Untuk harga tiket bisa langsung ke situs resminya dan harganya sama jika pembelian langsung di loket :
      https://tiket.kereta-api.co.id/

      Hapus