Senin, 09 September 2013

Cara Mengetahui Cartridges Rusak

Canon iP 2770
OK kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai printer yang saya gunakan. Printer yang saya gunakan adalan Canon iP 2770 dengan sistem infus yang sudah berumur lebih dari satu tahun dengan cartridges masih asli. Masalah yang sering menjadi misteri soal printer adalah rusak atau tidaknya cartridges, kalau saat ngeprint warna tertentu tidak bisa keluar atau macet. Berikut ini akan saya berikan tips untuk mengetahui apakah cartridges anda rusak atau sistem infus tintanya yang bermasalah. Ikuti terus ya posting berikut ini.


Langsung aja ke topik pembahasan ya, printer canon saya menggunakan cartridges original dengan kode untuk tinta warna  811 dan untuk tinta hitam 810. Selama satu tahun saya gunakan tidak ada masalah kemudian satu bulan terakhir ini printer jarang digunakan. Alhasil ketika mencoba ngeprint photo dengan resolusi besar warna tertentu pudar. Kemudian saya lakukan perawatan dan cleaning head kemudian test print hasilnya memang warna biru tinggal beberapa garis saja (alias sekarat). Saya check keadaan tinta infus juga aman - aman saja, saya masukkan tinta biru langsung ke dalam cartridges ternyata dalamnya juga sudah penuh tinta. Baru kali ini saya menemui hal seperti ini jadi langsung nanya aja temen yang bekerja di bagian service printer infus, yang saya takutkan adalah cartridges sudah kena atau rusak. Dan ini tips untuk mengetahui apakah cartridgesnya yang rusak atau tidak :
Contoh test print sempurna
  • Pastikan kondisi infus memang normal atau tidak ada udara sama sekali
  • Pastikan di dalam cartridges masih terdapat tinta
  • Langkah selanjutnya lakukan cleaning atau deepcleaning beberapa kali, kemudian cetak print test. Kalau cetakan menjadi normal berarti tidak ada masalah, misal ada satu warna yang masih pudar  atau bahkan malah menjadi hilang itu yan gperlu diwaspadai.
  • Langkah selanjutnya untuk mengecheck apakah cartridges rusak atau tidak, siapkan tisu kering kemudian keluarkan cartridges dari dalam kemudian gosokan atau letakkan tisu pada elemen pencetak pada cartridges. Indikasi cartridges rusak adalah jika warna tercetak jelas pada tisu, namun jika pada testprint tidak. Berarti itu cartridges anda yang rusak dan harus ganti cartridges yang baru

3 komentar:

  1. test print yang biru bawah tidak keluar itu kenapa mas ?

    BalasHapus
  2. test print BIRU yang BAWAH tidak keluar, itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dilakukan pengechekan seperti diatas??

      lakukan langkah penanganan seperti berikut
      http://globosystem.blogspot.com/2012/11/mengatasi-infus-macet-accasiana-pada.html

      Hapus