Minggu, 08 September 2013

Bahaya : Ada Perangkat Lunak Perusak!

Ini dia yang sering bikin cenat - cenut blogger pemula seperti saya. Jika blog yang telah temen - temen bikin terindikasi oleh Google terdapat  perangkat lunak perusak baik itu virus atau malware. Bayangkan saja setiap masuk homepage atau page - page yang telah anda buat akan ada peringatan dari Mbah Google dan alhasil akan menurunkan rating pengunjung yang menjelajahi blog anda. Hampir tiga minggu ini blog saya dengan alamat globosystem.blogspot.com terkena serangan serupa, karena belum sempat untuk saya perbaiki karena ada kesibukan ini dan itu menjadikan blog saya terbengkalai dan alhasil rating juga menjadi turun.  Ini dia bukti blog ane terindikasi malware.

Blog saya terindikasi oleh terdapat perangkat lunak perusak

Ok, tapi bagi temen - temen yang terkena kasus serupa jangan langsung panik, woles aja friend. Semua akan saya paparkan cara penangannya seperti apa yang telah saya alami dalam menghilangkan malare pada blog ini. Ingin tahu lebih lanjut tentang cara penangannnya ikuti terus ya posting berikut ini :


  • Langsung aja ni ke cara penanganannya. Setelah masuk dibagian awal, silakan klik tulisan lanjutan maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
  • Dalam halaman di atas akan dijelaskan tautan apa yang menyebabkan blog anda dicekal oleh Google. Biasanya dalam kita meletakkan link atau tautan berupa alamat atau tautan gambar, atau konten yang ada dalam blog kita berasal dari web atau blog yang terdapat suspect virus atau  malware menurut Google.
  • Kemudian untuk menangani masalah ini terdapat langkah selanjutnya yaitu klik pada bagian langkah berikutnya yaitu menggunakan Webmaster Tool atau Alat Webmaster yang tercetak warna biru.
  • Jika blog anda belum terdaftar, daftarkan dulu pada Webmaster Tool.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan Webmaster Tool seperti gambar di bawah ini :
  • Setelah masuk dan terdaftar pada Webmaster Tool, klik Home dan akan muncul gambar seperti di atas. Kemudian klik pada blog yang sudah temen - temen daftarkan kemudian akan terdapat pilihan - pilihan untuk identifikasi malware pada blog kita.

  • Dapat dilihat pada gambar di atas terdapat option pada sebelah kiri tentang Malware. Klik Malware dan Webmaster Tool akan mengidentifikasi kondisi blog kita. Jika terjangkit infeksi makan akan diberitahukan bagian yang mana dan klik bersihkan untuk menghilangkannya. Dengan konsekuensi alamat yang kita tautkan akan hilang.
  • Atu jika masih bermasalah bisa dihapus secara manual dengan cara masuk ke alamat web http://unmaskparasites.com/ dan masukkan alamat blog kita.

  • Kemudian akan terdapat analisis tentang blog kita beserta link atau tautan yang kita gunakan. Akan terlihat mana yang termasuk malware dan akan kita hapus manual dengan edit entri pada blogger.

4 komentar:

  1. gimana gan cara mengetahui kalaw ada malware di blog, warna ataw gimana gang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya mengetahuinya karena ketika mau melihat tampilan blog sudah diperingatkan oleh google dengan tampilan awal :
      "Bahaya : Ada Perangkat Lunak Perusak!"

      untuk menanggulangi atau mengetahui ada atau tidaknya content berbahaya masukkan alamat web kita ke http://unmaskparasites.com/

      Hapus
  2. Terima kasih Gan ilmunya, beberapa minggu ini blog saya juga terkena hal yang serupa. Dan, sekarang dapat terselesaikan..... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK sama2, semoga bermanfaat dan tidak terdapat virus atau malware lg :)

      Hapus