Kamis, 16 Agustus 2012

Movie : Taiyou No Uta ( Midnight Sun )

Taiyou No Uta atau Midnight Sun [タイヨウのうた] 2006 
Kali ini saya akan me-review sebuah film jebolan Negri Sakura yang cukup menarik, unik, dan aneh menurut saya. Sudah sejak lama memang saya suka film - film buatan Jepang baik itu jenis movie atau drama serial. Kalau cerita kaya' gini jadi inget drama serial Jepang yang pertama kali saya lihat waktu jaman masih muda memakai baju putih merah ( jaman sekolah dasar maksudnya. hehe ) adalah Oshin [おしん] 1983, Long Vocation [ロングバケーション] 1996, dan News Woman atau News No Onna [ニュースの女] 1998, kalau gak salah dulu ditayangkan di Indosiar menjelang sore hari. Ya kalau sekarang di tahun 2012 dah ganti drama - drama dari Negri Ginseng. Kalau menurut saya film - film Jepang yang berkualitas bagus tidak melulu soal roman cinta picisan semata, namun juga mempunyai alur cerita yang menarik dan memiliki pesan moral yang bagus kepada para pemirsanya. Misalnya tiga film yang saya sebutkan tadi, pesannya begitu mendalam namun disajikan dengan ringan, dan biasanya film - film bergenre seperti ini memang mengambil permasalahn yang sering terjadi disekitar kita. Yuk mari kita tinggalkan kisah masa anak - anak saya di tahun 90-an ( saya bangga jadi anak 90-an di Indonesia ^.^ ), sekarang saya akan me-review film yang berjudul Taiyou No Uta atau Midnight Sun [タイヨウのうた] 2006, yang saya lihat di awal tahun 2010 dulu ( yah ketinggalan info jadi baru liat film ini 4 taon setelah rilis-.- ). Ok, yuk langsung aja kita lihat, ini dia review menurut saya :p


Taiyou No Uta / Midnight Sun 
[タイヨウのうた] (2006)
IMDB Rating 7.3 

Cover Film Taiyou No Uta
Judul Film  : Midnight Sun / A Song to The Sun ( English ), Taiyou No Uta  [タイヨウのうた] (Romaji)
Tahun Rilis : 2006, 17 juni
Negara      : Jepang
Bahasa      : Japanese
Genre        : Drama, Teen Romance, Friendship
Durasi       : 119 menit
Produksi   : Geneon Entertainment, Nippon Shuppan Hanbai (Nippan) K.K., Robot Communications, Shochiku Company, Sony Music Entertainment, Stardust Pictures (SDP), Stardust Promotion Inc. (I), Twin Co. Ltd., Yahoo Japan

Director    : Norihiro Koizumi
Penulis      : Kenji Bando , Yoshiaki Hosono
Produser   : Shuji Abe, Nobuyuki Tohya, Nozomu Enoki, Toru Horibe, Junichi Sakomoto
Pemain      : 
  • YUI Yoshioka        : Kaouru Amane
  • Takashi Sukamoto  : Koji Fujishiro
  • Goro Kishitani        : Ken Amane
  • Kuniko Asagi         : Yuki Amane
  • Jun Kaname           : Kudou Youhei
  • Eri Fuse                 : Koji's mom
  • Yu Koyanagi          :Yuta Ohnishi
  • Sogen Tanaka        : Haruo Kato
  • Airi Toriyama         : Misaki Matsumae
  • Hajime Yamazaki   : Doctor
  • Takashi Kobayashi : Police officer
Trailer Film Taiyou No Uta (sumber : Youtube.com) :


Synopsis menurut yang punya blog ini :

Film diawali dengan sebuah scene pagi hari, dimana seorang gadis manis bernama Kaoru Amane dari  jendela kamarnya sedang melihat seorang pemuda misterius yang duduk di halte jauh diseberang rumahnya. Berbeda dengan gadis seumurannya, Kaoru tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari ( jangan - jangan keturunan dracula. hehe ), hal ini dikarenakan sejak kecil Kaoru memiliki penyakit yang langka yaitu Sindrom XP ( Xeroderma Pigmentosum ) atau lebih dikenal sindrom dracula dimana orang yang berpanyakit ini tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena efeknya akan membuat kulit melepuh, timbul bercak hitam, iritasi ringan hingga berat pada mata, dan akan berdampak buruk pada kesehatan hingga kematian. Dan di seluruh dunia belum ditemukan obatnya, dan hanya 60% yang dapat hidup hingga usia 20 tahun. Jadi untuk menghindari ini, sejak sekolah dasar ia memutuskan untuk putus sekolah dan bersahabat dengan gitarnya di malam hari dan lingkungan tempat tinggalnya.

Sejak SD teman dekatnya hanya satu yaitu gadis manis bernama Misaki Matsumae. Mungkin orang yang ia kenal di dunia hanya kedua orangtuanya (Ken Amane dan Yuki Amane) serta Misaki. Tiap malam hingga menjelang pagi (4.40 am), Kaoru sering keluar sendiri untuk bermain gitar di taman depan stasiun. Selain pintar bermain gitar Kaoru juga seorang penulis  lagu dan menyanyikannya sendiri. Suatu hari Kaoru keluar malam ditemani oleh Misaki, mereka menghabiskan malam disekitar Yamacho dan kemudian seperti biasa melantunkan lagu di depan stasiun. 

Kaoru ketika bernyanyi di taman depan stasiun
Ketika Kaoru bernyanyi tiba - tiba melihat seorang pemuda yang sering dia lihat di halte, berjalan melintas di depannya. Dengan segera ia mengejar pemuda tersebut dan terjadilah pertemuan konyol di tengah perlintasan kereta api ( yang ini memang konyol tapi Kaoru keliatan cute di scene ini, hehe.. jadi liat aja di filmnya ya ). Sesaat kemudian Misaki mencegah kekonyolan Kaoru dengan menariknya untuk pulang, sejak saat itu Misaki membantu Kaoru untuk tahu lebih banyak tentang seorang pemuda misterius yang ternyata satu SMA dengan Misaki. Slidik punya slidik pemuda itu bernama Koji Fujishiro seorang pemuda konyol yang hobby-nya surfing. Dengan handycam, Misaki merekam semua kegiatannya Koji untuk diperlihatkan ke Kaoru ( jadi gadis mata - mata ni ceritanya. hehe ).  

Pertemuan kedua kalinya di halte bus
Di malam selanjutnya ketika melihat video Misaki sambil berjalan keliling kota, secara tidak sengaja Kaoru bertemu untuk yang  kedua kalinya dengan Koji di halte bus dan terjadilah pertemuan yang berbeda dari malam sebelumnya. Sejak inilah mereka berdua semakin dekat dan dimalam selanjutnya Koji mengajak Kaoru untuk pergi ke kota karena taman di depan stasiun yang biasanya tempat Kaoru bernyanyi digunakan oleh Dynamite Yamazaki ( musisi rocker gak jelas :D ahaha..). Koji mengajak ke pusat kota, pasar malam, pelabuhan, taman bermain, dan plaza atau square untuk bernyanyi, di scene ini sangat menyenangkan sekaligus mengharukan dan akhirnya sebelum pulang mereka berhenti dipinggir pantai untuk saling mengungkapkan isi hati dan Koji mengajak Kaoru hang out lagi esok harinya. Namun Kaoru lupa kalau sebentar lagi matahari terbit dan akan berbahaya baginya, seketika Kaoru minta untuk pulang dan dia berlari menuju ke rumah. Walau akhirnya Koji mengantar Kaoru menggunakan sekuter, namun Kaoru masih terkena sedikit sinar matahari ketika buru - buru memasuki rumahnya. Dan akhirnya Koji tahu kalau Kaoru memiliki Sindrom XP dari Misaki, yang sejak pagi bersama kedua orang tua Kaoru mencari dilingkungannya. 

Ketika jalan - jalan ke pusat kota
Sejak peristiwa inilah dia tidak lagi keluar untuk bernyanyi dan tidak mau bertemu dengan Koji. Namun suatu hari Ken Amane ayah Kaoru, mengundang Koji dan Misaki untuk makan malam bersama. Betapa kagetnya Kaoru ketika itu dan langsung masuk kamar lagi untuk berganti baju, memang Kaoru  tidak terlalu pintar menyembunyikan perasaannya pada Koji ( Kaoru salting dan malu - malu kucing. Meooww...). Disaat makan malam itulah Koji memberikan brosur dari studio musik dan menawarkan untuk merekam lagunya pada satu CD untuk dijadikan single. Walaupun biaya rekaman cukup mahal sekitar  ¥ 200.000,00 Koji rela menjual papan surfingnya dan bekerja paruh waktu untuk membayarnya. Dan Kaoru dengan rasa haru menerimanya dan membuktikan kalau memang ada yang masih peduli denganny.

Makan malam saat Koji menawarkan rekaman

Koji dan Kaoru sedang berlatih bersama
Karena itulah hubungan mereka berdua kembali baik lagi, setelah makan malam mereka berdua berjalan - jalan keluar dan ditempat mereka pertama kali bertemu ( masih inget kan? ditengah perlintasan kereta api), Koji mengungkapkan perasaanya kepada Kaoru. Dan Koji berjanji setiap malam akan datang untuk menemani Kaoru berlatih bernyanyi, namun semakin hari kesehatan Kaoru semakin memburuk bahkan ia tidak bisa bermain gitar lagi karena tangannya kaku sulit untuk digerakkan dan ini yang membuat Kaoru patah semangat. Namun berkat semangat dari Koji, Kaoru kembali bangkit lagi untuk merekam suaranya ke studio dan jadilah satu single lagu yang direkam dalam CD (namun hasil rekaman belum dipublikasikan dan hanya Kaoru saja yang tahu) . Scene yang terakhir adalah siang hari yang terik dipinggir pantai, dimana Kaoru sedang duduk dikursi roda menggunakan pakaian anti sinar matahri ditemani oleh kedua orang tuanya sambil melihat Koji yang sedang surfing. Disini sangat menarik adegan yang begitu menyentuh hati dibumbui dengan dialog yang menarik. Untuk tahu endingnya silakan liat filmnya ya, very very recommended.

Scene Taiyou No Uta 
OK dah tahu kan kira - kira filmnya kaya' gimana? gak banyak komentar buat film yang satu ini, hanya satu kata Sugoi..!! keren banget deh apalagi untuk para YUI-Lover pasti suka banget dengan actingnya YUI yang kawai. Apalagi Original Soundtrack nya film ini YUI punya lho. hehe.. Bagi yang ingin nonton film ini recommended banget dah, alurnya yang mengalir sangat menarik, dibumbui dengan kekonyolan anak muda, walau bergenre drama romance film ini juga memberikan pesan moral tentang persahabatan dan perjuangan. Selain itu juga memberi edukasi tentang penyakit Sindrom XP kepada umum, bahwa ternyata ada juga penyakit seperti ini. Makanya bagi sobat yang nyempetin baca tulisan ini jangan sia-siain orang yang selama ini tulus memberikan cinta pada kita, segera ucapkan kata cinta kepadanya saat ini juga ya.. coz kita gak tahu apakah besok kita masih dapat mengatakan padanya ^.^

Kalau yang mau lihat bisa download disini :

Versi Ringan Hard Sub Indo 280MB 
Versi High Quality 872MB DVDRip ( Harus di Join dulu)
Taiyou No Uta Movie part 1
Taiyou No Uta Movie part 2
Taiyou No Uta Subtitle

Mending liat yang kualitas HQ, soalnya gambar lebih bagus dan bisa juga dikoleksi wat diliatin ke temen2. Untuk gabungin movie berformat .001 - .002 dst bisa menggunakan HJSplit yang bsa d download di link dibawah ini :
HJSplit

Request yang versi serialny udah bisa, yang main Erika Sawajiri. Lumayan tapi ane blum nnton smua baru episode 1 ma 2. Lumayan, tapi rasanya beda banget ma seri movienya, nee kalau mau ada yang nyoba boleh juga ^.^

Episode 1
Episode 2
Episode 3
Episode 4
Episode 5
Episode 6
Episode 7
Episode 8
Episode 9
Episode 10

Jika ada problem untuk penggabungan part 1 dan part 2. Ikuti solusi berikut ini :
Kalo file yg terdownload tidak bisa di join, caranya begini :

Rubah nama file sehingga sama, misal>>>
Taiyou.001
Taiyou.002
Join dengan HJspit sehingga file yang tergabung menjadi Taiyou.


Kemudian rubah file dengan menambah ekstensi (.mkv) sehingga nama file menjadi Taiyou.mkv sehingga bisa diputar melalui MPC atau player yang support .mkv.

34 komentar:

  1. Wah, bagus ya, ini... Kayaknya sangat mengaharukan T^T

    Kalimat penutupnya so touching & alluring, ahahaha... :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup T.T , pada menit pertama liat film ini agak bingung tp setelah mengalir ke menit selanjutnya wah keren.. mengharukan. bayangin aj seumur hidup tmennya cm 1, dan cow yg dsukai cm 1 T.T

      Hapus
  2. gan gagal mulu connect di IDWS nya.. apa lagi gangguan yah conecsinya???

    BalasHapus
  3. Woh iya.. OK, dah ane perbaikin and udah dicoba lagi. smua dah bisa ^.^ thanks masukannya..

    BalasHapus
  4. Maaf gan... bsa diperbaiki nggak link taiyou no uta untuk part 2 nya... ntah link nya yang rusak atau apalah, tapi ada tulisan "cannot download this file. Details: HTTP/1.1 592 Bad Gateway". Tolong ya gan, soalnya udah lama sih nyarinya. Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. barusan ane coba msih bsa pke idm..
      kemungkinan server sana, atau proxy yng dgunakan utk connect inet di proteksi..

      dcoba lg aj, nee masih bisa..

      Hapus
    2. sip, gan... dah bisa nih. thanks yah ^^

      Hapus
  5. gan punya taiyou no uta yg serial ep 1-10 n sub indonya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, udah ane update linknya diblog.. bisa langsung ke TKP.

      Hapus
    2. ok,,sip...
      itu uda sub indo kan ?
      sukses trus gan..!!

      Hapus
    3. udah hardsub..
      woke sama2 bro..

      Hapus
  6. mantap gan.. (y)
    izin sedot ya.. ^_^

    BalasHapus
  7. Sepertinya Indowebster nya bermasalah gan.... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barusan ane coba masih bisa..
      link mana yg gk bsa??

      *mungkin idws lg maintenis :)

      Hapus
  8. Sorry gan.. itu file 002 kog gak bisa dibuka yah? wkt saya mau join pke HJ SPLIT, file 002 gk kebaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba disamakan namanya dengan yang file 001 kemudian di join lagi..
      saya blum sempat check linknya lg..

      Hapus
  9. Gan, file 002 nya rusak y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba disamakan namanya dengan yang file 001 kemudian di join lagi..
      saya blum sempat check linknya lg..

      Hapus
    2. Kicky Yoshioka7 Desember 2013 01.55

      Udah, tp gak bisa gan...
      Bukan cuma gak bisa kebaca di hj split, dibuka pake player apa aja juga tetep gak bisa.

      Nah kalo yang 001 gak ada masalah, bisa kebaca di hj split dan juga bisa diputer (gue pake gom player).

      Hapus
    3. kemungkinan file yg kesimpen di idws corupt. coba ane check lg.
      nanti saya re-upload, klo gak saya cariin link penggantinya.
      Ok. mkasih msukannya..

      Hapus
    4. Barusan ane download lancar dan trus bisa di join pake HJ-split.
      Kalo file yg terdownload tidak bisa di join, caranya begini :

      rubah nama file sehingga sama misal>>>
      Taiyou.001
      Taiyou.002
      join dengan HJspit tergabung menjadi Taiyou.

      kemudian rubah file dengan menambah (.mkv) sehingga nama file menjadi Taiyou.mkv sehingga bisa diputar melalui MPC atau player yang support .mkv

      thanks

      Hapus
  10. aku udh download tapi ga bisa di putar yg part 2nya.. knp y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan file yg kesimpen di idws corupt. coba ane check lg.
      nanti saya re-upload, klo gak saya cariin link penggantinya.
      Ok. mkasih msukannya..

      Hapus
    2. Barusan ane download lancar dan trus bisa di join pake HJ-split.
      Kalo file yg terdownload tidak bisa di join, caranya begini :

      rubah nama file sehingga sama misal>>>
      Taiyou.001
      Taiyou.002
      join dengan HJspit tergabung menjadi Taiyou.

      kemudian rubah file dengan menambah (.mkv) sehingga nama file menjadi Taiyou.mkv sehingga bisa diputar melalui MPC atau player yang support .mkv

      Hapus
  11. Balasan
    1. wah masa? :(
      gk bsa kbuka apanya? mungkin bsa saya bantu..

      Hapus
  12. Bang yang Versi High Quality part 1 kenapa filenya corrupt ya bang, kok gak bisa didownload?

    BalasHapus
    Balasan
    1. barusan ane coba masih bisa ke download.. coba check jaringan internet atau server mungkin lg sbuk :) ditunggu sebentar..

      Hapus
  13. om versi HQ kgk bisa di donlot
    apa idws.a lg down?!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ni barusan maih bisa. mungkin server lg down..

      Hapus
  14. Ada link lain buat versi Hq nya? pengen nonton nih... :(

    BalasHapus